Senin, 04 November 2013

Tugas 1







Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Sebagai Alat Komunikasi
Mata Kuliah    : B.Indonesia 2
Dosen              : Edy Prihantoro, SS., MMSI

a. Penjelasan dan Contoh Penggunaan B.Indonesia yang Baik dan Benar
Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai pada kaidah bahasa Indonesia dan penggunaan kosa kata sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia yang tepat pada topik nya. Hal ini bertujuan agar bahasa Indonesia yang digunakan tidak mempunyai makna yang rancu sehingga menjadi komunikatif.
Contoh Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar  ada pada pembukaaan Undang-undang dasar 1945 , “ Undang-undang dasar Negara republik Indonesia tahun 1945, Pembukaan bahwa sesungguh nya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadlian”
Contoh diatas merupakan contoh bahasa baku bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b. Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunkasi
Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi bagi bangsa Indonesia tidak juga suatu hal yang salah jika bangsa lain ingin mempelajari nya, agar dapat berkomunikasi dengan bangsa Indonesia dengan baik , contoh : Seorang narasumber dalam sebuah wawancara menyampaikan informasi kepada seorang pewawancara dengan bahasa Indonesia, tentunya dengan bahasa Indonesia yang komunikatif. Penggunaan bahasa Indonesia yang baku atau secara baik dan benar tidak selamanya baik dalam suatu situasi. Sebagai contoh penggunaan bahasa Indonesia baku pada konteks yang tidak tepat : - transaksi jual beli dipasar “ Berapa harga untuk seikat bayam ini pak ? penggunan bahasa Indonesia memang benar tetapi tidak baik jika digunakan pada situasi ini, justru hal ini akan terlihat aneh.

Nama : Wendhy Asmoro
NPM : 28210473 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar