Kamis, 31 Oktober 2013

ANALISIS BERITA



Menteri ESDM: Indonesia Banyak Miliki Sumber Energi
Senin, 21 Oktober 2013 14:14 wib
Dani Jumadil Akhir - Okezone
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengakui bangga dengan banyaknya ketersediaan energi sumber daya alam yang berada di Indonesia. Hal tersebut juga dia diungkapkan pada saat World Energy Forum di Dubai tahun lalu.

"Saat di Dubai kemarin dalam acara World Energy Forum, saya baca peta dunia, peta energi dunia, bagaimana komentar masalah energi setiap menteri energi banyak diperdebatkan hampir semua negara di dunia karena energi menjadi suatu persoalan di Indonesia juga," ungkap Jero di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (21/10/2013).

Jero menjelaskan, saat itu yang harus dilakukan Indonesia terutama di dalam bidang energi, mengenai prospek-prospek, tantangan yang ada dan bagaimana memenuhi kebutuhan energi di dunia ini.

"Itu yang saya jadikan bahan diskusi-diskusi di sana dan saya sampaikan kepada forum itu bagaimana ketersediaan energi di Indonesia. Semua sepakat bahwa energi di negara Timur Tengah mengatakan kebutuhan energi dunia naik. Dan semua sepakat, bahwa itu harus dipenuhi," cerita Jero.

Menurut Jero, saat ini tinggal menunggu bagaimana cara agar para menteri energi dikawasan Timur Tengah mampu memenuhi kebutuhan energi. 

"Mendorong oil dan gas kuncinya, harus ditambah. Namun negara yang tidak menghasilkan minyak dan gas tidak setuju dengan itu, mereka ingin menemukan alternatif energi dengan mendorong EBT, lalu terjadilah 2 kubu," kata Jero.

Lanjut Jero mengungkapkan, Indonesia harus cerdas membaca peta dunia tentang energi terutama untuk masa depan. Pasalnya, semua sumber energi ada di Indonesia.

"Pihak Indonesia harus cerdas membaca peta dunia, untung kami Indonesia, beruntung. Semua sumber energi ada. Karena itu kita harus bermain dengan energi mix, karena kita ada semua. Tinggal sekarang bagaimana kita mendorong sumber-sumber energi yang belum kepermukaan," tandasnya.(kie) (wdi)


Analisis : Indonesia kaya akaan potensi sumber daya alam nya,  tinggal  kualitas sumber daya manusia yang harus ditingkatkan agar potensi sumber daya alam yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik untuk rakyat Indonesia sendirii

Mata Kuliah  : B.Indonesia 2
Dosen           : Edi Prihantoro

Nama           : Wendhy Asmoro
NPM            : 28210473
Kelas             : 4EB21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar