Senin, 02 Juni 2014

Tugas 8 : Peruncanaan Dan Kendali Manajemen

PERENCANAAN DAN KENDALI MANAJEMEN

PEMBUATAN MODEL USAHA
Ada 4 dimensi utama dalam perencanaan strategis :
1.      Mengidentifikasikan faktor –faktor utama yang relevan terhadap kemajuan perusahaan di masa depan.
2.      Merumuskan teknik yang memadai unt uk meramalkan perkembangan masa depan dan menganalisis kemampuan perusahaan untuk menyesuaikan diri atau memanfaatkan perkembangan tersebut.
3.      Mengembangkan sumber – sumber data untuk mendukung pilihan  – pilihan strategis.
4.      Mentranslasikan pilihan –pilihan tertentu menjadi serangkaian tindakan yang spesifik.

Keempat dimensi diatas sangat berguna bagi perusahaan untuk mengenali tantangan dan kesempatan yang ada, sehingga perusahaan bisa menciptakan suatu sistem yang dapat diterapkan untuk mengumpul kan informasi atas pesaing dan kondisi pasar. Salah satu alatnya adalah menggunakan analisis WOTS – UP (weaknesses, opportunities,threats, strengths) yang merupakan versi modifikasi dari analisis SWOT yang secara terus – menerus diperbaharui sebagai alat  perencanaan strategis.

Sistem informasi adalah hal krusial dalam mendukung strategi perusahaan, karena
sistem informasi ini merupakan implementasi dari suatu perencanaan strategis
perusahaan. Menurut Vikram Sethi dan Joseph Katz ada 3 strategi teknologi informasi global, sbb :
1.      Penyebaran rendah dengan sentralisasi yang tinggi
2.      Penyebaran tinggi dengan sentralisasi yang rendah
3.      Penyebaran tinggi dengan sentralisasi yang tinggi

Tujuan dari perusahaan multinasional merancang sistem informasi untuk mensupport
perencanaan strategis perusahaan adalah :
1.      Melindungi pangsa pasar ditempat asal
2.      Melakukan penetrasi terhadap pasar asal pesaing untuk merebut pangsa pasar dan pendapatan mereka
3.      Mendapatkan pangsa pasar yang signifikan di pasar utama negara ketiga. CEO memerlukan sistem informasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan perencanaan, koordinasi, dan pengendalian secara efektif terhadap strategi produksi, pemasaran, dan keuangan di seluruh dunia.

Masalah Informasi Akuntan
manajemen mempersiapkan sejumlah informasi untuk manajemen perusahaan, untuk setiap kelompok data yang disampaikan, manajemen perusahaan harus menentukan periode waktu yang relevan untuk laporan, tingkat akurasi yang diperlukan, frekuensi pelaporan dan biaya serta manfaat penyusunan dan penyampaian tepat waktu. Untuk mencapai kriteria diatas tidaklah mudah karena banyak kendala yang memperngaruhi penggunaan informasi antara lain budaya, prinsip akuntansi yang belaku antara induk dengan anak perusahaan dan translasi.

ISU – ISU DALAM PENGENDALIAN KEUANGAN
Setelah perencanaan strategis perusahaan bisa diimplementasikan melalui system informasi yang telah dirancang dengan baik, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah pengendalian keuangan dan evaluasi kinerja. Tujuannya adalah sbb:
Kinerja keuangan suatu operasi LN dapat diukur dalam mata uang lokal, mata uang negara asal, atau kedua-duanya. Mata uang yang digunakan dapat memiliki pengaruh yang signifikan pada saat menilai kinerja suatu unit LN dan manajernya. Nilai mata uang yang berfluktuasi dapat mengubah laba (ketika diukur dalam mata uang lokal) menjadi kerugian (ketika dinyatakan dalam mata uang negara asal)
PENENTUAN BIAYA STRATEGIS
Ketika mengendalikan biaya pada tahap manufaktur, banyak perusahaan di seluruh dunia Menggunakan system penentuan biaya standar yang pada dasarnya memperkirakan berapa biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang yang dipergunakan sebagai dasar untuk menentukan harga jual yangmemadai. Biaya produksi aktual kemudian dibandingkan dengan estimasi biaya. Varians yang timbul antara biaya standar dan biaya aktual dianalisis sebagai dasar untuk tindakan korektif dalam proses produksi atan pengadaan. Proses ini dianggap sebagai model  penentuan harga berbasis biaya. Ketika digunakan sebagai target, biaya yang dapat disisihkan tidak bersifat statis. Selama proses produksi, biaya yang dapat disisihkan dikurangi setiap bulannya dengan tingkat pengurangan biaya ttt berdasarkan tujuan laba jangka pendek. Pada tahun- tahun selanjutnya, biaya aktual tahun sebelumnya merupakan titik awal untuk pengurangan berikutnya, sehingga memastikan bahwa pengurangan biaya terus berlangsung selama mobil tersebut diproduksi. Sistem yang berpatokan pada pasar ini, yang dikenal sebagai penentuan biaya kaizen,
EVALUASI KINERJA OPERASI LUAR NEGERI
Mengevaluasi kinerja merupakan pusat dari sistem pengendalian yang efektif. Sistem pengendalian kinerja yang dirancang dengan tepat memungkinkan manajemen puncak untuk:
·         Mempertimbangkan profitabilitas operasi yang ada
·         Menentukan area yang memiliki kinerja tidak seperti yang diharapkan


Nama               : Wendhy. Asmoro
NPM               : 28210473
Kelas               : 4 EB 21
Mata Kuliah    : Akuntansi Internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar