Sebelum membahas lebih jauh tentang bisnins,terlebih dahulu saya akan mengungkapkan persepsi saya tentang bisnis,menurut saya bisnis itu adalah sebuah seni untuk meraup keuntungan,mengapa saya bilang ini adalah sebuah seni,karena di dalam bisnis terdapat kreatifitas seseorang,kreatifitas inilah yang menjadi dasar seseorang untuk meraup keuntungan,orang akan mengusahakan bagaimana caranya supaya mereka mendapatkan keuntungan dalam hidupnya prioritas utama nya adalah keuntungan material,dari ini manusia akan mengeluarkan ide ide secara spontanitas yang dikemas dan dijadikan sebuah kreatifitas untuk mencari uang.
Menurut para ahli,pandangan tentang bisnis berbeda-beda,tetapi pada dasarnya mempunyai makna yang sama menurut Mahmud machfoedz Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen sama halnya dengan pendapat Hughes dan kapoor Bisnis ialah suatu usaha kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industry.
Tujuan bisnis:
· Profit (keuntungan)
· Growth (pertumbuhan)
· Continuity (berkesinambungan)
· Stability (stabilitas)
· Public Service (pelayanan umum)
· Will Fare (sejahtera)
Jenis-Jenis Bisnis
Ø Bisnis Online
Seiring berkembang nya IPTEK(Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) hal ini membuat kebudayaan masyarakat berubah,budaya yang berkembang dewasa ini akibat dari kemajuan Ilmu Teknologi adalah budaya Internet,Internet menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat sekarang,semua orang membutuhkan Internet,penggunaan Internet sudah begitu massal,tak ayal nya masyarakat sekarang lebih mengidam-
idam kan suatu yang praktis dan portable.Perkembangan teknologi ini pun dapat dimanfaatkan sebagai
peluang bisnis,salah satu nya adalah sebagai media iklan maya,banyak perusahan yang mengiklankan produk nya di dunia maya hal ini bagi perusahaan lebih tepat sasaran dan efektif karena perusahaan memandang bahwa setiap lapisan masyarakat sekarang menggunakan teknologi internet untuk berhubungan dengan orang lain atau pun untuk mencari informasi.
Ø Bisnis Waralaba atau Franchise
pengertian waralaba adalah sesuatu yang harus dipahami benar-benar oleh seorang pebisnis yang ingin mewaralabakan bisnisnya. Pengertian waralaba ini harus secara menyeluruh dan tidak boleh sepotong-sepotong.
Bisnis waralaba atau franchise suatu cara atau sistem pemasaran dengan memberikan kesempatan kepada orang atau badan usaha dengan menduplikasikan usahanya secara mandiri terutama pada unit ( badan ) usahanya dan harta usahanya yaitu barang daganganya atau uang hasil penjualannya dll.
Didalam bisnis franchise ada nilai lebih yang selalu membedakan bisnis franchise yang satu
dengan franchise yang lainnya dan merupakan salah satu kriteria bisnis yang bisa di franchisekan
adapun kriteria usaha yang dapat di franchise yaitu :
1. mempunyai ciri khas usaha atau keunikan
2. terbukti sudah memberikan keuntungan
3.memiliki standar atas pelayanan barang dan jasanya
4.mudah diajarkan atau diaplikasikan
5.adanya dukungan yang berkesinambungan
6.hak kekayaan intelektual yang telah didaftarkan
Mungkin saja terjadi bisnis franchise satu dengan lainnya memiliki kemiripan pada jenis usahanya, akan tetapi ada sesuatu yang dapat membedakan setiap usaha franchise yang satu dengan yang lainnya. Selain merek atau brandnya tentunya dan dapat menjadi nilai lebih yang dapat meningkatkan nilai tambah bagi bisnisnya yaitu keunikan atau ciri khas usahanya.
Sebagai contoh banyak kita jumpai bisnis franchise makanan yang menjual bakso walaupun sama sama mengusung bisnis franchise yang sama akan tetapi masing masing mempunyai keunikan tersendiri dan ini menjadi nilai tambah dari bisnis yang mereka jalankan. Walaupun yang dijual mungkin sama tetapi ada hal lain yang membuat seseorang senang kepada salah satunya karena ciri khas atau keunikan yang dijualnya baik baksonya, tempatnya atau mungkin cara penyajiannya, dan yang paling mudah kita jumpai misalnya bisnis franchise yang menjual burger mulai dari yang di gerobak atau booth bahkan restoran siap saji seperti Mc Donald atau Burger King. Mungkin semua sama sama menjual burger tetapi masing masing mempunyai nilai keunikan yang berbeda baik dari rasa , ukuran maupun konsep penyajiannya dan dari ciri khas atau keunikan akan menjadi nilai jual dari bisnis franchise yang kita jalankan.
Banyak bidang usaha tidak hanya di bisnis franchise yang sangat mengandalkan keunikan usahanya. Biasanya bisnis yang mempunyai ciri khas atau keunikan yang kuat biasanya lebih dapat bertahan lama. Walaupun ada saja yang mengikuti atau meniru bisnis yang dijalankan akan tetapi dari keunikan yang dimiliki tetap akan terlihat berbeda dan biasanya bisnis yang pertama yang mengusung usaha tersebut menjadi pemenang dari persaingan bisnis yang meniru atau plagiat.
Mungkin banyak orang yang mencoba bisnis yang sama tetapi nilai ciri khas usaha tentunya berbeda dan ini yang menjadikan kekuatan bisnisnya setelah merek yang memang telah kuat kita bisa perhatikan banyak bisnis franchise yang tidak memiliki ciri khas atau keunikan yang kuat akan lebih cepat gulung tikar atau bangkrut karena tidak mempunyai nilai lebih yang dapat menjual bisnisnya. Pengertian waralaba secara mendalam dan nilai lebih keunikan suatu bisnis turut menentukan sukses atau tidaknya suatu waralaba.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar