Kamis, 31 Oktober 2013

ANALISIS BERITA EKONOMI



Wamen ESDM: Izin Pembangunan Listrik Sulit, Tanya Pemda
Minggu, 27 Oktober 2013 13:15 wib
Silvia Ramadhani - Okezone

JAKARTA - Menanggapi krisis listrik di beberapa daerah, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswo Utomo menegaskan pentingnya kerjasama yang baik antara PLN dengan Pemerintah Daerah, terutama dalam hal perizinan.

"Intinya semakin lama semakin baik. Memang ada kendala-kendala, pembangunan listrik itu kan tidak bisa serta merta tapi merupakan suatu planning yang terencana. Ini memerlukan kerjasama dengan Pemerintah Daerah seperti Bupati dan Gubernur untuk dapat memberikan perizinan-perizinan," katanya, usai mengikuti Gerak Jalan Sehat dalam rangka Peringatan Hari Listrik Nasional, Minggu (27/10/2013).

Menurutnya, hal ini penting karena jika izin-izin itu tidak diberikan pada waktunya, maka pembangunan listrik tidak dapat dilaksanakan tempat waktu. 

"Dampaknya, antisipasi pemenuhan kebutuhan listrik untuk masyarakat tidak terpenuhi tepat pada waktunya, sehingga bisa saja terjadi krisis kekurangan listrik," tandasnya.

Ditanya mengenai sulitnya izin keluar dari pemerintah daerah, Susilo mengaku dirinya tidak tahu menahu kenapa hal tersebut bisa terjadi.

"Tanya ke Pemda, sebetulnya kenapa. Kan semakin cepat perizinan itu dikeluarkan tentunya kan ada investasi, dana-dana, dan kegiatan ekonomi akan lebih bagus lagi. Tapi saya bukan Gubernur, jadi saya tidak tahu alasannya," pungkasnya. (kie)(wdi)

Analisis : Faktor integritas yang tida baik antara pemerintah dan badan-badan usaha milik Negara sering kali menjadi pemicu dalam setiap kasus di Indonesia, pemerintah perlu bersinergi dengan perangkat pemerintah lainnya agar terjalin kerja sama yang baik dalam membangun negeri ini.

Mata Kuliah : B.Indonesia 2
Dosen         : Edi Prihantoro

Nama         : Wendhy Asmoro
NPM         : 28210473
Kelas         : 4EB21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar