Rabu, 30 Oktober 2013

ANALISIS BERITA EKONOMI



2014, SBY Optimistis Pendapatan per Kapita Capai USD5.000
Rabu, 23 Oktober 2013 13:13 wib
Fakhri Rezy - Okezone
JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yodhoyono (SBY) mengatakan, pendapatan per kapita bisa mencapai USD5.000 saat kepemimpinannya berakhir. Hal tersebut bisa tercaai berkat Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang sudah dilakukan semasa dirinya menjabat.

SBY mengatakan, pendapatan per kapita penduduk Indonesia sebelum mantan Presiden Soeharto lengser adalah USD1.200 per kapita yang sempat turun menjadi USD600 per kapita sebelum dirinya lengser yang diikuti oleh krisis moneter 1998.

Kemudian melalui berbagai program pembangunan, paska krisis di bawah kepemimpinan mantan Presiden Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarno Putri, pendapatan per kapita naik lagi menjadi USD1.100.

"Sekarang dengan kerja keras, income per kapita jadi USD4000, Mudah-mudahan ketika saya menyerahkan kepemimpinan bangsa, income per kapita kita sudah bisa USD5.000," kata SBY melansir laman resmi Setkab, Jakarta, Rabu (23/10/2013).

SBY mengatakan, sejak 2011, pemerintah sengaja melakukan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai pulau Rote.

Salah satu alasannya, lanjut SBY, karena pemerintah tidak ingin Indonesia menjadi negara yang kalah saat menyongsong perkembangan ke depan, saat sudah terjadi konektivitas antar negara ASEAN, APEC, termasuk G-20.

Saat ini, kata Presiden, dibanding dengan negara-negara lain, pertumbuhan Indonesia hanya kalah oleh China, dan dalam hal daya beli masyarakat (purchasing power parity) menduduki urutan ke-15.

"MP3EI ini bukan kertas kosong, bukan macan ompong tapi riil. Kita harus siap ketika lima tahun lagi, ekonomi Asean, APEC, dan lain-lain sudah terkoneksi," ujar SBY. (rez)
(wdi)

Analisis : Produktivitas masyarakat harus ditingkatkan jika ingin pendapatan per kapita naik, karena potensi-potensi sumber daya alam berlimpah di Indonesia. Sehingga taraf pendidikan di Indonesia pun harus ditingkatkan, memperhatikan generasi-generasi muda bangsa agar kelak Indonesia mempunyai SDM yang berkompeten.

Mata Kuliah : B. Indonesia 2
Dosen          : Edi Prihantoro

Nama          : Wendhy Asmoro
NPM          : 28210473
Kelas          : 4EB21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar